Tips Traveling Murah dan Nyaman di Eropa (Bagian 3/3)

Salah satu kelebihan traveling di Eropa adalah ketersediaan informasi yang melimpah serta mudha untuk didapatkan. Mulai dari informasi harga tiket masuk objek wisata, peta, penginapan, bahkan informasi cuaca. Dan semua informasi tersebut bisa didapat melalui smartphone secara gratis. Cukup bermodal smartphone dan akses wifi, maka anda siap untuk menjelajah kota-kota di Eropadengan murah meriah dan aman.

 

Smart Application + Smart Traveler = Less Euro + More Fun

Screenshot_2017-01-17-07-14-58.png

Sebelum berkelana, unduh aplikasi peta offline kota yang akan dituju. Ini bisa menghemat pengeluaran untuk membeli peta kertas/print out dan juga jauh lebih praktis. Saat ini banyak terdapat aplikasi peta offline, seperti google map, lonely planet atau trip advisor. Disamping itu, tak ada salahnya juga mengunduh aplikasi kamus/penterjemah offline, seperti google translate. Siapa tau, dengan menggunakan sedikit bahasa setempat, anda bisa mendapatkan diskon;). Bahkan di Paris, ada baiknya menggunakan sedikit bahasa Perancis (meskipun cuma satu atau dua kata), kalau tidak .. bisa-bisa anda ngga “diwaro” sama sekali oleh “Parisian” saat belanja atau menawar sesuatu disana.
Banyak juga kota-kota wisata di Eropa yang sudah memiliki aplikasi layanan sendiri, mulai dari jadwal dan jalur bis/kereta komuter, daftar restoran dan tempat makanan, grocery atau toko-toko kelontong, sampai prakiraan cuaca agar anda tidak salah kostum saat traveling. Tak ada salahnya mendownload aplikasi tersebut sebelum anda memulai eksplorasi kota tujuan wisata anda.

 

Pelajari Sistem Transportasi Umum

Salah satu kemudahan traveling di Eropa adalah transportasi umumnya yang bagus, nyaman dan murah. Tapi, sebaiknya pelajari dulu seperti apa sistem ticketingnya. Hampir semua kota-kota besar utama di Eropa menyediakan fasilitas Day Ticket alias tiket terusan satu hari. Maksudnya, anda cukup membeli satu tiket yang bisa digunakan untuk seluruh moda transportasi didalam kota tanpa batas selama 1 hari. Harganya day ticket ini bervariasi, tapi rangenya antara 6 sd 10 Euro. Khusus di Belanda, pada saat saya kuliah disana (thn 2014-2015) ada sistem group ticket, dimana kita bisa membeli tiket kereta api jarak jauh (antar kota antar provinsi) untuk rute yang sama untuk 10 orang dengan harga jauh lebih murah. Contohnya, harga tiket kereta normal antara Leeuwarden ke Den Haag adalah 25 Euro/orang untuk sekali perjalanan, dengan group ticket bisa Cuma 7 Euro/Orang PULANG-PERGI dihari yang sama, murahkan????

 

Jangan persulit diri dengan urusan oleh-oleh.

Bukan apa-apa sih, hanya saja oleh-oleh Eropa itu tidak murah dan otomatis akan menambah berat dan volume bagasi. Ga lucu kan, nanti pada saat check in di penerbangan kepulangan ke tanah air, anda terpaksa harus membuang sebagian isi bagasi karena sudah penuh oleh-oleh titipan sanak saudara karib kerabat handai taulan orang sekampung se erte se desa dan sekabupaten;). Kalaupun harus membeli oleh, pilihlah oleh-oleh yang tidak bervolume besar dan ringan, seperti gantungan kunci/tempelan kulkas plastik, manisan berbentuk permen kecil-kecil, atau bisa juga koin mata uang dari Negara yang telah dikunjungi kunjungi.

 

Behave and Keep your Attitude

Selama di luar negeri, secara tidak langsung kita akan menjadi duta Indonesia bagi Negara-negara yang dikunjungi atau bagi sesama turis asing. Nah, ada baiknya tetap menjaga sikap, patuhi aturan lokal, perhatikan does and don’t setempat. Masyarakat Eropa adalah masyarakat individualis dan sangat menjunjung kebebasan individu, tapi…. Mereka juga tidak segan-segan menegur apabila hak mereka terganggu atau anda tidak mematuhi aturan yang berlaku. Salah-salah, denda yang tidak sedikit sudah menanti.

Tips Traveling Murah dan Nyaman di Eropa (Bagian 1)

Tips Traveling Murah dan Nyaman di Eropa (Bagian 2)

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: