Tips for Smart Travelling in Europe (Bagian 1/3)

Ibarat restoran, traveling ke Eropa seperti makan di restoran Padang dengan menu lengkap dengan Varian harga dan cara penyajian yang bisa menyesuaikan isi kantong. Ada Eropa Barat yang lebih reachable tapi mahal, atau Eropa timur dan Balkan yang ramah dikantong tapi dikompensasi ‘effort’ yang lebih banyak.

Berikut beberapa tips agar lembaran Euro lebih lama bertahan dikantong tanpa mengurangi serunya traveling di Eropa.

 

Rencanakanlah itinerary dengan matang.

itinerary

Rencanakan perjalanan sematangkan mungkin dengan membuat itinerary yang disesuaikan dengan estimasi waktu dan budget yang dimiliki. Biasanya, bagi yang baru pertama kali ke Eropa, akan kalap dan lapar mata sehingga itinerary yang sudah disusun sedemikian rupa bisa hancur berantakan. Oleh karena itu, pilihlah destinasi yang betul-betul worth to visit dan alokasikan waktu yang cukup untuk menikmatinya. Jangan sampai menghabiskan waktu yang sangat lama hanya di satu destinasi dan melupakan destinasi lainnya diitinerary yang telah disusun, atau memaksakan diri mengunjungi semua tempat hanya sekedar untuk berfoto sehingga tidak bisa menikmati objek wisata/kota yang dikunjungi dengan maksimal.

 

Lakukan Reservasi Jauh-jauh Hari.

Sebaiknya reservasi untuk tiket moda transportasi maupun hotel dilakukan tiga sampai empat bulan sebelum keberangkatan. Bahkan untuk tiket penerbangan jarak jauh, pencarian tiket sudah bisa dilakukan sejak satu tahun sebelum keberangkatan, siapa tahu bisa mendapat promo atau harga murah meriah. Untuk reservasi hotel, pilihlah aplikasi yang menyediakan fasilitas free cancellation, sehingga apabila ada perubahan itinerary bisa disesuaikan tanpa kena charge atau uang hangus. Sedangkan untuk penerbangan murah seperti Ryan Air, Wizz Air, dan Easy Jet bisa dicek diwebsite masing-masing airline tersebut. Begitu juga dengan tiket-tiket bus seperti Euroline, Megabus, dll bisa dibeli secara online (FYI…Saya pernah mendapat tiket Wizz Air Eindhoven-Budapest hanya 9.75 Euro, dan tiket Bus Den Haaq – Paris hanya 5 Euro loh..;). Sedikit catatan, karena low cost carrier, pastikan tiket-tiket pesawat murah yang dibeli secara online telah di print sebelum ke counter cek in di Bandara. Perhatikan juga kebijakan bagasi tiap-tiap pesawat/bus. Jangan sampai over bagasi sehingga bawaan tidak diizinkan masuk kabin yang ujung-ujungnya harus membayar ekstra yang mungkin berkali-kali lipat lebih mahal dari harga tiket.

 

Perhitungkan Musim dan Perkiraan cuaca di Eropa pada saat kunjungan.

fb_img_1483812311099

Bunga Tulip di Keukenhof, Belanda yang hanya mekar di April sampai Mei

Berada di iklim subtropis, semua Negara di Eropa memiliki 4 musim yang tiap-tiap musim akan berbeda kebutuhan satu sama lainnya dan ada plus minusnya. Musim dingin (antara November – Februari) adalah musim paling minim turis sehingga biaya-biaya akomodasi dan transportasi lebih murah dari pada musim lainnya. Hanya saja, pada musim ini banyak objek wisata yang tutup atau dalam pemeliharaan. Disamping itu, peralatan tempur harus lengkap, seperti Jaket Winter Tebal, Payung lipat, sarung tangan, penutup telinga, kupluk woll, dan sebagainya. Tentu ini akan memakan ruang dan alokasi berat bagasi koper/ransel.

Sebaliknya, pada musim Panas (Juni-Agus) tidak perlu diribetkan dengan segala perlengkapan tersebut. Bahkan kita bisa jalan-jalan cukup dengan celana pendek, T-shirt dan sendal seperti di Indonesia pada musim tersebut. Tapi… musim panas adalah musim puncak (peak season) turis dan semua biaya akan naik, sehingga perlu merogoh kocek lebih dalam bila traveling ke Eropa pada musim ini.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Eropa adalah di Akhir musim semi menjelang musim panas (akhir April – awal Mei), dimana pada waktu itu bunga-bunga sub tropis khas eropa, seperti Tulip dan Lavender sedang mekar-mekarnya dan cuaca di Eropa juga masih sejuk, tidak terlalu dingin tapi juga tidak terlalu panas sehingga bagasi tidak perlu dipenuhi jaket-jaket tebal dan perlengkapan hangat lainnya.

Penggunaan baju dalam hangat (long John atau Thermal Suit) juga bisa jadi alternatif. Pilihlah thermal yang berkualitas bagus, tangan terkecoh dengan harga murah.

Bersambung;

Tips Traveling Murah dan Nyaman di Eropa (Bagian 2)

Tips Traveling Murah dan Nyaman di Eropa (Bagian 3)

Iklan
Categories: vacation | Tag: , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: