Get Deeper into Flores; Pulau Bunga di Nusa Tenggara

komodo1

Konon, sewaktu para pelaut Portugis mendarat di ujung timur pulau ini, mereka menemukan banyak sekali bunga-bunga bermekaran di pinggir Pantainya. Bunga-bunga ini tampak begitu kontras dengan perbukitan tandus dan kering didaratannya. Kemudian Kapten Rombongan pelaut tersebut, yang bernama S.M.Cabot menamakan Ujung Pulau tersebut dengan nama Tanjung Bunga, atau dalam bahasa Portugis disebut “Copa de Flores” (sumber; www.nusalale.com).

Tak salah memang pulau di jejeran Nusa Tenggara ini disebut pulau Bunga, karena memang alamnya yang sangat cantik ibarat bunga yang mempesona siapapun yang memandangnya. Landskap alam yang lengkap, apalagi ditambah alam bawah laut yang tak kalah memukau, menobatkan pulau Flores sebagai salah satu tujuan wisata baru Indonesia.

Akan tetapi, sebagian besar masyarakat Indonesia hanya mengenal Pulau Komodo dan Rinca yang terkenal dengan Satwa Komodo dan Pantai-pantai cantiknya. Tak banyak yang tahu bahwa dibalik gersang dan tandusnya perbukitan Flores, tersimpan surga hijau Ruteng yang mempesonakan mata. Didataran yang berada diketinggian 1000 – 1500 mdpl ini kita akan menemukan sawah terasering seperti jaring laba-laba, tepatnya di Kecamatan Lembor – Manggarai Barat. Konon sawah-sawah disini bisa ditanami sepanjang tahun. Buat pencinta arkeologi, Flores juga menyimpan misteri manusia Hobbit yang situsnya masih bisa dilihat di Liang Bua.

Buat penikmat kopi, mungkin anda perlu tahu bahwa ditengah perbukitan Kabupaten Ngada, tumbuh pohon-pohon kopi yang menghasilkan biji kopi Arabica dan Robusta Bajawa yang melegenda. Ada minuman olahan Enau dengan tiga tingkat fermentasi yang tersohor di Teluk Aimere bernama Sopi. Kalau Desa Adat Wae Rebo sudah terlalu  biasa bagi anda, maka di Satarmese ada Desa Adat Bena yang juga masih terjaga, atau bahkan ada rute Kelok Seribu yang bisa menguras isi perut anda;).

So, let’s get deeper into Flores…!!! (BotSPiliang, 29 Desember 2016)

Get Deeper into Flores; Labuan Bajo, Gerbang Wisata Flores

Get Deeper into Flores; Ruteng, Lumbung Padi di Dataran Tinggi Flores

Get deeper into Flores; Bajawa, Eksotisme Kopi dan Sopi

Get deeper into Flores; Membangun Energi Bersih dari Perut Pulau Bunga

Get deeper into Flores; Komodo Diving Trip, Surga bahari di taman Purba

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: