Get Deeper into Flores; Labuan Bajo, Gerbang Wisata Flores

lbj1

Belasan tahun yang lalu, Kota ini tak lebih dari perkampungan nelayan Bugis dan Bajo yang terisolasi. Berada di ujung barat Pulau Flores, diapit oleh lautan selat flores yang berarus deras disebelah barat  dan dinding perbukitan kapur gersang di sebelah timur. Membuat dusun ini terkucilkan dari lintas Ruteng – Ende – Maumere yang merupakan urat nadi pusat perekonomian pulau Flores kala itu. Namun, aktifitas pariwisata dan ketenaran si satwa Buas Komodo yang masuk dalam top list New Seven Wonder  membuat dusun ini sekarang menjelma menjadi kota dengan aktifitas perekonomian tertinggi di Flores, bahkan mungkin di seluruh Nusa Tenggara Timur. Dusun nelayan itu sekarang bernama Kota Labuan Bajo.

Secara administratif, Labuan Bajo berada dalam kabupaten Manggarai Barat, sebuah kabupten baru hasil pemekaran kabupaten Manggarai dahulunya. Berada diantara perbukitan dan lautan, kota ini dianugerahi pemandangan teluk-teluk nan cantik dengan pulau-pulau kecil didepannya serta ombak laut yang relative kecil dan bersahabat. Kota Labuan Bajo dapat ditempuh hanya dengan 15 menit dengan kendaraan dari Bandara Internasional Komodo. ( Bandara Internasional Komodo adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang mengambil nama hewan).

Promosi besar-besaran dan masuknya taman nasional komodo sebagai salah satu nominasi the new seven wonder of nature oleh majalah xx beberapa tahun lalu, telah mengubah wajah kota Labuan Bajo dari sekedar dusun nelayan bugis/bajo menjadi kota kecil dengan jejeran hotel berbintang sampai guest hoouse di bibir pantainya. Dermaga pelabuhan yang tadinya sangat sederhana perlahan-lahan mulai dibenahi sehingga lebih layak dan nyaman untuk digunakan sebagai gerbang menuju Kepulauan Komodo dan Rinca.

Seperti namanya, mayoritas penduduk Labuan Bajo adalah keturunan nelayan Bugis dan Bajo. Rumah-rumah khas Bugis banyak terlihat di sekitar dermaga Labuan Bajo. Dengan kemajuan aktifitas perekonomiannya, Labuan Bajo tumbuh menjadi kota Multietnis dan Multikultur, dimana penduduk dari berbagai kota di Flores, seperti; Ruteng, Ende dan Maumere juga ikut mengadu peruntungan dan mewarnai kebhinnekaan di Labuan Bajo.

Labuan Bajo adalah titik awal yang tepat untuk mengeksplor keindahan dan keeksotisan Pulau Flores. Hanya butuh waktu 1 – 1,5 jam dengan speed boat menuju Pulau RInca dan Komodo, rumah bagi satwa Purba Komodo yang dilindungi pemerintah Indonesia. Dari Labuan Bajo juga tersedia paket-paket live on board dengan Kapal Phinisi menuju Pulau-pulau kecil disekitar Flores. Atau hanya ingin sekedar bersantai menikmati kopi atau minuman dingin sembari memandang teluk-teluk cantik dari kejauhan, di kota ini juga terdapat puluhan café-café dengan atmosfir yang nyaman dan cozy. Pilihan akomodasi pun lengkap menyesuaikan dengan budget, mulai dari rumah-rumah guesthouse penduduk lokal sampai hotel berbintang dengan fasilitas lengkap.

Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berbaur dan menikmati kuliner lokal yang didominasi olahan ikan dan seafood segar dari Laut Flores di pasar malam di sepanjang dermaga.

Memang masih banyak pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah, terutama dalam penyediaan fasilitas pariwisata. Ketiadaan kendaraan umum yang layak dari Pusat Kota ke Bandara Internasional Komodo, Standar Keselamatan Kapal yang masih belum terlalu diperhatikan, minimnya atraksi didalam kota seperti taman kota atau ruang publik lainnya, klinik kesehatan 24 jam yang masih terbatas, kebersihan dan sanitasi yang belum tertata, juga pasokan listrik yang masih sering terganggu karena kota ini masih mengandalkan kiriman pasokan listrik dari Ruteng. Namun semua pekerjaan rumah tersebut adalah tantangan yang perlahan akan dicapai seiring peningkatan perekonomian warga dari aktifitas pariwisata di Labuan Bajo.

Get deeper into Flores; Pulau Bunga di Nusa Tenggara

Get deeper into Flores; Ruteng, Lumbung Padi di Dataran Tinggi Flores

Get deeper into Flores; Bajawa, Eksotisme Kopi dan Sopi

Get deeper into Flores; Membangun Energi Bersih dari Perut Pulau Bunga

Get deeper into Flores; Komodo Diving Trip, Surga bahari di taman Purba

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: