VietnamTrip 1; Sekilas Catatatan Perjalanan di Negeri Paman Ho

photo courtesy of www.hanoinonprofithostel.com

Salah satu sudut kota Hanoi, photo courtesy of http://www.hanoinonprofithostel.com

Pada awalnya, tak banyak yang saya ketahui tentang Vietnam, kecuali film-film Hollywood tentang perang Vietnam dan keganasan Vietcong menghabisi tentara Amerika yang dengan heroic nya muncul sebagai penyelamat rakyat sipil Vietnam.

Dan tepat pada bulan November 2010, saya berkesempatan mengunjungi Vietnam untuk pertama kalinya. Kebetulan kantor menugaskan saya untuk mejadi Liason Officer delegasi kantor untuk sebuah rapat koordinasi Asosiasi Utilitas Listrik se Asia Tenggara dimana kantor saya menjadi salah satu anggota aktif dalam Asosiasi tersebut.

Kota pertama yang saya singgahi adalah Hanoi. Pada saat itulah saya baru tahu ternyata Hanoi itu adalah ibukota Vietnam. Dan juga baru tahu kalau Ho Chi Minh itu adalah nama seorang tokoh perang Vietnam yang membebaskan Saigon dari pedudukan Sekutu Amerika, dan nama itu menjadi nama baru untuk Saigon.

Hanoi, adalah kota yang indah dengan beberapa danau di tengah kota lengkap dengan taman-taman kotanya. Gedung-gedung tua peninggalan pemerintah Kolonial Perancis terjaga dengan apik, berbaur dengan bangunan-bangunan tua khas IndoChina disekitar istana kota tua Hanoi. Tak lupa beberapa pagoda cantik dengan ornamen-ornamen khas yang kental nuansa China Oriental dapat ditemui di beberapa sudut kota.

Dari Hanoi, saya meneruskan perjalanan 3 jam kea rah utara, menuju kesebuah situs warisan dunia, yaitu Teluk Ha Long atau lebih dikenal dengan Halong Bay. Sebuah teluk yang terdiri dari ratusan pulau-pulau batu karas yang tinggi menjulang, mencuat begitu saja dari tengah lautan.

Kunjungan saya yang kedua adalah pada Juni 2011.  Kali ini saya mengitari Danang dan Hoi An.  Danang dan Hoi An berada di tengah-tengah antara Hanoi dan Ho Chi Minh City (HCMC). Disinilah titik awal bertemunya kebudayaan Sino (Cina Oriental) dengan kebudayaan Indo (Hindu-Buddha), sehingga bangsa Vietnam sering juga disebut sebagai bangsa Indochina, yang juga berlaku untuk Negara-negara disekitarnya, seperti Kamboja, Thailand, Laos dan Myanmar.

Hoi An sendiri adalah pernah menjadi  imperium Kekaisaran Viet yang dibangun diatas reruntuhan kemegahan bangsa Champa (Champ). Saat ini, kota Hoi An termasuk salah satu kota sejarah warisan dunia yang di lindungi Unesco. Tak jauh dari hoi An juga dapat ditemui sisa-sisa candi dan bangunan kerajaan Champa pra Islam. Lain halnya dengan kota Da Nang. Kota Da Nang adalah kota modern yang dijejali puluhan resort berbintang dan taman-taman kota yang apik. Dan atraksi utamanya adalah, Pantai DaNang yang diklaim sebagai pantai pasir putih terpanjang di Asia.

Jadi, apa yang kamu ketahui tentang Vietnam? Let’s find itJ

Categories: vacation | Tags: , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: