Escape in Paradise; Karimun Jawa

Perjalanan saya kali ini boleh dibilang yang paling “full of surprise..!”. Nyaris dicancel karena waktunya kelamaan, nekad ngabur sebelum ijin cuti di approve bozzy, temen join-an satupun ga ada yang saya kenal, modal pas-pasan abizzzz, cuma bawa tentengan super ringannn, dan…saya sama sekali ga bawa kamera (ternyata kamera saku Nikon pemberian bozzy yg lama sudah rusak dimakan jempol….hiks..).

But the rest of it…totally amazing. Karimun Jawa memang betul-betul jauh diatas ekspektasi saya. Tadinya saya berpikir kepulauan di utara Jepara ini hanyalah sekumpulan pulau-pulau yang kebetulan ada sedikit pasir putihnya. Reputasi laut pantai utara jawa yang tercemar juga menjadi salah satu alas an saya untuk hampir membatalkan trip kali ini.

Tapi semuanya kandas di hempas karang (whoaaa…bahasanya picisan kali yak..), begitu sampai di dermaga Pulau Karimun Besar. Perjalan darat 2 jam dari Semarang ditambah 6 jam naik ferry dari dermaga Jepara plus ngetem buat nunggu Yth. bapak camat yang kebetulan satu kapal dengan kita, serasa tidak ada artinya melihat serpihan surga di depan mata.

Baiklah, saya tidak akan bercerita bagaimana putihnya pasir di pulau-pulau kecil disana, bagaimana beragamnya biota laut di terumbu karang yang tersebar merata hampir diseluruh kawasan kepulauan Karimun Jawa, bagaimana ramah nya penduduk di pulau cantik ini, bagaimana lezatnya makan ikan bakar segar di tengah pulau tak berpenghuni sehabis seharian ber’snorkling ria’ditengah laut, sampai lupa kalau kulit wajah saya yang sudah item dari sononya menjadi gosong ga jelas warnanya..(ngaku aja dehh…dari pada dicela…hehe), dan ratusan kekaguman saya pada kepulauan ini. Namun keunikan-keunikan kepulauan karimun jawa inilah yang telah membuat saya jatuh hati pada untaian pulau cantik ini.

Seperti Kepulauan Seribu di teluk Jakarta, Kepulauan Karimun Jawa adalah salah satu wilayah konservasi yang sangat dilindungi pemerintah. Letaknya yang terisolasi dari hiruk pikuknya pembangunan di pantai utara jawa membuat pulau ini lebih terjaga keasriannya. Informasi dari mulut ke mulut telah menjadikan pariwisata sebagai katalisator pembangungan dan perekonomian masyarakat disini.

Hampir semua penduduk sadar akan pentingnya pelayanan kepada wisatawan. Keramahtamahan penduduk yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa begitu terasa, terbukti dengan banyaknya penduduk yang menyediakan rumahnya untuk akomodasi wisatawan dengan harga yang wajar. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Karimun Jawa adalah wisatawan domestic minat khusus berusia muda. Jadi, jangan khawatir untuk pilihan akomodasi, lengkap..dari yang super muahhaaalll, sampai yang cheapy yippi, tinggal pilih sesuai selera dan kantong.

Keunggulan Karimun Jawa dibanding lokasi pulau-pulau yang saya pernah kunjungi adalah pada alam bawah lautnya. Sangat mudah untuk menemukan lokasi diving dan snorkeling di gugusan kepulauan Karimun Jawa. Bahkan setelah 3 hari disana, saya baru menyinggahi 30% dari gugusan terumbu karang yang cantik dan penuh warna dan aneka biota laut disana. Masih ada puluhan titik snorkel dan pulau-pulau cantik lain yang belum saya singgahi. (Hmm, seingat saya pulau yang saya singgahi antara lain; Karimun Jawa, Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Cemara Kecil, Pulau Gilian, Gosong Putih, Pulau Tengah dan Pulau Kecil). Total ada 27 Pulau di kepulauan Karimun Jawa, seminggu pun belum tentu cukup untuk menjelejahi Pulau-pulau cantik tersebut. (itu belum termasuk trekking di perbukitan pulau Karimun Jawa loh, katanya masih banyak kijang di hutannya).

Oh ya, total modal untuk 4 hari 3 malam di Karimun Jawa masih dibawah 1 jt-an, dengan jumlah temen joinan 7 orang dengan akomodasi premium. (Tadi saya piker trip kali ini ada trip backpack, ternyata sang madam tour leader memilihkan akomodasi yang lumayan VIP, jadilah kami “backpacker vip”…hihihi). Oh ya, itu sudah ditambah makan lobster plus kelapa muda pada malam terkahir. Gimana?? Murah gila kan??

Jadi, ga peru jauh-jauh ke Maldives deh, di depan mata juga ada kok. Kalau belum sempat ke Raja Ampat, Sabang, Sikuai atau Mentawai, coba dulu Karimun Jawa, dijamin kamu bakal semakin penasaran dengan surga-surga tersembunyi lainnya di Nusantara raya ini. Pada hari terakhir saya di Karimun Jawa, saya semakin yakin bahwa Indonesia memang sangat-sangat “dangerously beautifull”. Rugi banget orang-orang yang selama ini cuma kenal Bali dan Lombok. Bali dan Lombok memang cantik, tapi cantik diantara ratusan pulau cantik-cantik lainnya di Nusaraya ini.

Salam Traveler…

Tips Karimun Jawa:

  1. Banyak cara menuju Karimun, tapi yang paling pas adalah trip 4 hari 3 malam, berangkat dari Jepara hari sabtu pagi dan pulang hari selasa pagi (jadi, buat yang mau ambil cuti, mendingan cari yang liburannya senin atau selasa.
  2. Penyebrangan ferry dari Jepara –Karimun Jawa cukup lama (+ 6 jam), bawa makanan dan cemilan secukupnya dan permainan (kartu, gaple, domino dsb) untuk sekedar membunuh waktu. Disarankan tripnya secara grup , biar ga bosan selama di perjalanan.
  3. Tidak terlalu banyak warung makanan di Pulau Karimun Jawa, pastikan permasalahan makan/konsumsi anda operator travel yang dipilih.
  4. Jangan sok kuat dengan tidak menggunakan sunblock, kecuali kalo anda rela kulit mengelupas karena terbakar matahari (pengalaman pribadi bo’)
  5. Bawa cash dalam jumlah secukupnya dari Semarang/Jepara karena tidak ada bank apalagi ATM yang beroperasi di Karimun Jawa (apalagi kartu kredit…mau digesek dimana??)
  6. Sinyal Operator yang ada tidak banyak. Kalau anda penggunana operator seluler berwarna merah (telk#@sel), jangan khawatir, bisa 3G an kok…Kalo yang lain, megap-megap (maaf, bukan promosi, cuma notify aja..)
  7. Secara listrik PLN cuma nyala dari jam 5 sore sampai jam 6 pagi, segala urusan nge-cass HP, kamera dan lain-lain diselesaikan pada malam hari. Kalau perlu bawa terminal potrable yang banyak colokannya, biar ga berebut nge cass.
  8. Obat-obatan yang -perlu dibawa: Obat Merah, Vitamin C/Suplemen, Obat Diare, Counterpain/Salonpass Gel, Biplacenton, SunBlock dan after sun cream (yang terakhir optional aja, asya lebih prefer pake masker bengkoang malamnya, biar kulit muka ga kebakar dan mengelupas aja, ga seru kan masuk kantor kulit muka bersisik ga jelas)
Categories: Uncategorized | 10 Komentar

Navigasi pos

10 thoughts on “Escape in Paradise; Karimun Jawa

  1. Yeps, Indonesia is dangerously beautiful🙂

    Pingin bgt ke karimun jawa, info ttg tournya donk. hehe…thank u and salam kenal🙂

    visit me here:
    http://everybodylovesholiday.blogspot.com

  2. alx simanjuntak

    weeee..mantab boss…..kalo ada ulasan tentang pulau2 lainya boleh juga nih…

  3. yufinurcan

    halo bro, wah salah satu yang belum kesampaian nih kesini, penginnya bawa anak, cuma nyebrangnya itu 6 jam ya, kalau dari Semarang kan 3 jam itu kapalnya bagus ga? maksudnya AC gitu maklum anak belum pernah diajak adventurean..

    Nice post and Photo

    • botsosani

      Anaknya umur berapa mas? Kalau masih Balita, kayaknya ga recommended kesini deh. BUkan apa-apa, menurut sayay ang menarikdi Karimun Jawa adalah island hopingnya. Tapi kalau anaknya dah SMP, mantap kali diajak kesini. Saya belum coba kapal dari semarang, katanya emang lebih cepat sih, sekitar 4 jam.

  4. neeth

    kalo boleh tau pakai travel apa ya?? (dgn budget yg disebutkan tadi???)ada kah yg dr sby ? hehehe
    thanks b4 ^__^

  5. weewww..keren abiisss..
    mas, bisa sekalian ditulis g ttg estimasi budget kendaraanya kesana?

    • botsosani

      Kalau dari Jepara, naik Kapal Roro ongkosnya kalo ga salah cuma RP. 15.000,- (ekonomi) dan RP. 50.000 (VIP). Untuk akomodasi di Karimun Jawa, kalau memang waktunya panjang (satu adatu dua minggU), bisa stay di rumah penduduk, tapi kalau cuma 3 hari, mending kotnak travel agent yang dari semarang atau jepara mas.

  6. Sri hy

    wahh..senengnya bisa adventure an, keliling indonesia. kalo saya sih cuma bisa bermimpi dan berpetualang lewat internet.. plus nonton acara yg berbau adventure di TV. Thank’s ya uda bot, membaca blog ini setidaknya mengobati kerinduan saya untuk menjelajahi keindahan bumi nusantara ini…
    hik,hik, sedihnya hatiku..😦

  7. iyos

    mantap jadi ngilerrrrrrrrrrrr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: