Catatan Dari Tanah Lot

Tanah_lot Bali memang penuh inspirasi. Walaupun sudah tiga kali menikmati sun set di Pura Tanah Lot, namun tetap saja pada kunjungan kali ini aku menemukan inspirasi baru dari semburat jingga kemerahan di ufuk barat lepas pantai pura batu ini.

Jalan setapak yang kususuri menyisir tebing batu ke bagian utara, seakan memberikan pesan dan hal-hal baru yang me ‘refresh’ otakku yang sudah kadung perkarat dan penuh virus ini. Ketika pandangan mata ku arahkan kebawah, goresan-goresan alam yang memahat bebatuan terjal di bawah sana seakan menyadarkan ku betapa kerasnya batu karang akan luluh dan habis jug oleh hantaman ombak. Bahkan dinding tebal karang bisa bolong oleh air yang terkadang kita remehkan kekuatannya.

Demikianlah kemahadahsyatan Tuhan dalam menciptakan alam semesta ini.

Biru lautan samudera hindia yang terhampar tak berujung, meskipun dikejauhan terlihat sayup-sayup siluet ujung Pulau Jawa. Gelombang laut yang tak pernah berhenti yang berakhirnya di bibir pantai. Beberapa gadis Bali dengan aroma segarnya dedauanan melenggang sambiul membawa nampan berisis persembahan ke pada Sang Yang Widhi Wasa, Tuhan Semesta Alam. Sesembahan yang dihantarkan pada seluruh kekuatan alam agar keseimbangan di Alam semesta ini selalu terjaga.

Kembali ke tanah Lot, sebuah pura yang telah berusia ratusan tahun yang tetap kokoh meskipun ditengah terjangan ombak samudera hindia yang besar. Berdiri diatas batu karang yang terpisah beberapa ratus meter dari pantai daratan Bali. Memang tak semua pengunjung bisa memasuki area pura, karena Pura Tanah Lot sendiri sangat di sakralkan dan merupakan kawasan suci bagi Umat Hindu Bali. Sehingga keindahan Pura nan suci ini hanya bisa dinikmati dari kejauhan.

Tapi disitulah keindahan Tanah Lot bisa dinikmati. Tatkala senja berujung dengan tenggelamnya Matahari di ujung barat sana. Yang kemudian diikuti pancaran sinar jingga kemerahan di langit yang di hiasi awan-awan yang sejak sore menyelimuti pancaran matahari di Langit bali.

Demikianlah betapa Indonesia , khususnya Bali begitu kaya akan limpahan karunia Tuhan yang tiada taranya. Sebuah pemandangan yang menyajikan sejuta pesona, inspirasi dan misteri yang siap diungkap, tentu saja oleh hambaNya yang mau berpikir.

Categories: Uncategorized | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Catatan Dari Tanah Lot

  1. Terima kasih telah menulis artikel tentang Tanah Lot.

    Visit : http://www.tanahlot.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: