Banyak jalan menuju Takengon

-          Takengon berada tepat ditengah-tengah Propinsi Aceh. Wilayah Geografis provinsi Aceh yang seperti setiga, maka kota tekgnon tepat berada di tengah segitiga tersebut. Dengan demiian, Takengon dapat dicapai cari semua sisi. Namun karena kondisi geografisnya yang begunung-gunung, cara paling muda untuk mendapai Takngon adalah dari Medan atau Banda Aceh.

-          Cuaca depat berubah di Takengon, pagi yang cerah bisa saja berganti mendung dan hujan di siang hari. Suhu udara berkisar antara 18 – 28 derajat celcius karena kota ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Pastikan anda membawa jaket wol atau baju hangat.

-          Dari Kota Medan, ada beberapa Bus Besar yang melayani rute Medan Takengon, diantara Bus “Pelangi”, “Kurnia” dan “PM Toh”. Disamping bus-bus tersebut, juga terdapat beberapa travel beruba Mobil L-300 yang melayani rute Medan – Takengon. Untuk Bis, biasanya berangkat jam 7 malam dengan ongkos berkisar 100 sampai 140 ribu. Sedangkan dengan mobil Travel mencapai Rp. 180.000, biasanya berangkat pagi dari kota Medan. Lama waktu tempuh sekitar 10 – 12 jam.

-          Dari Banda Aceh, cara paling nyaman adalah dengan menaikai Angkutan Travel yang langsung melayani rute Banda Aceh – Takengon. Lama waktu tempuh sekitar 8 jam dengan biaya sekitar Rp. 80.000,-.

-          Penginapan banyak tersedia di Takengon, mulai dari kelas wisma/losmen sampai hotel-hotel bintang dua. Meskipun tidak semewah hotel atua penginapan dikawasan wisata lainnya, beberapa hotel di Takengon sudah dilengkapi dengan air panas, tv kabel dan fasilitas free wifi.

-          Untuk menjelajah lokasi-lokasi wisata di Takengon tidak terlalu susah. Dikota ini terdapat penyewaan mobil beserta sopir yang siap mengantar anda berkeliling Takengon dan kota-kota lain disekitar danau Laut Tawar. Namun, kalau budget anda terbatar, cukup melenggang ke terminal dan sewa labi-labi (sebutan untuk angkot/oplet di Aceh) dengan biasaya sekitar Rp. 200.000/hari, tentu dengan tawar menawar terlebih dahulu. Namun untuk jarak dekat, cukup menyewa Bentor (becak Motor) yang tarifnya flat, Rp. 4.000 jauh/dekat disekitar dalam kota Takengon.  Namun dengan cuaca Takngon yang sejuk, tak ada salahnya anda berjalan kaki menikmati hawa sejuk dan senyum ramah masyarakat Gayo yang bersahaja.

-          Makanan di Takengon tidak jauh berbeda dengan makanan di kota-kota Aceh lainnya. Disini anda akan meneukan warung-warung nasi yang pemiliknya rata-rata adlah pendatang dari suku Aceh. Disamping makanan Aceh, juga dapat ditemui Rumah Makan Padang dan kedai-kedai kopi yang biasanya sepaket dengan Mie Aceh dan Martabak Aceh. Apabila anda berkunjung di bulan Februari, jangan lupamemesan ikan Depik, ikan khas Danau laut Tawar yang hanya ada pda bulan Februari.

-          Fasilatas umum sperti rumah sakit, ATM  dan Warnet tersedia di pusat kota. Jangan khawatir apabila anda jehabisan uang, ATM cukup banyak tersebar, namun untuk pemegang kartu ATM  yang tidak termasuk dalam ATM Bersama, sebaiknya anda mengambil dulu uang cash anda di Medan atau Banda Aceh.

About these ads
Categories: Uncategorized | 3 Komentar

Post navigation

3 thoughts on “Banyak jalan menuju Takengon

  1. Nelman Tarigan

    Saya orang Karo yg tinggal di Bandung, dan sangat pingin berlibur di Takengon. Apakah sekarang ini kondisi cukup aman untuk berlibur?
    Salam,
    Nelman Tarigan

  2. saya dari medan, dan saya ingin pergi ke takengon, tapi kalau dari medan, tarif bis dr medan ke takengon berapa yah? n bis selain yang diatas ada gak? klau bis dr medan yang paling murah apa? tolong dijawab secepatnya ya bos?

    • botsosani

      Maaf baru sempat balas
      Waktu itu kami naik bus (lupa namanya), ongkosnya sekitar 150 ribu kalo ga salah, bus AC Executive, nyaman dan bagus. Mungkin ada bus yang lebih murah. Naik dari pool busnya, agak diluar kota Medan sih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: